Manfaat Tanaman Seledri

Daun seledri biasanya digunakan untuk pelengkap masakan. Ternyata daun seledri memilki khasiat baik untuk penderita hipertensi.

Daun seledri memiliki kandungan Apigenin yang dapat mencegah penyempitan pembuluh darah dan Phthalides yan dapat mengendurkan otot-otot arteri atau membuat rileks pembuluh darah.

Kandungan tersebut yang mengaur aliran darah yang memungkinkan pembuluh darah membesar dan mengurangi tekanan darah.

Seledri mengandung gizi tinggi dengan kandungan vitamin A, B1, B2, B6 dan vitamin C. Seledri juga kaya mengandung kalium, asam folic, kalsium, magnesium, zat besi, fosfor, sodium, dan banyak mengandungasam amino esensial.

Tips Mengkonsumsi Seledri untuk Darah Tinggi
Jus
Jus seledri bisa dibuat dengan campuran buah-buahan seperti apel hijau dan belimbing wuluh. Baik diminum dua hari sekali dengan tambahan madu.

Makanan
Konsumsi seledri harus rutin, bisa dicampur dalam masakan apabila bosan dengan jus. Sertakan potongan seledri pada makanan sarapan, siang dan malam.

Maanfaat lain Seledri
Menurunkan Kolesterol
30 gram akar seledri dan cuci hingga bersih, rebus dalam dua dua gelas air bersih sampai tersisa segelas, saring dan minum.

Mengobati Rematik
30-40 lembar daun seledri cuci hingga bersih, siram dengan air panas, hidangkan sebagai lalapan. Lakukan hal ini dua kali sehari.

Menyuburkan Rambut
7-10 tangkai daun seledri, tumbuk halus, gosokkan tumbukan daun selderi ke kulit kepala dan rambut secara merata sambil dipijat ringan. Tutupi rambut dengan handuk selama kurang lebih satu jam, bilas rambut dengan air bersih. Lakukan seminggu sekali.

Mengatasi Alergi
Dua batang seledri, dua buah wortel ukuran sedang dan satu buah buah ubi jalar ukuran sdang, cuci bersih, lalu dijus. minm jus tersebut sekaligus waktu perut kosong. Lakukan dua kali sehari.

Meredakan Batuk
30 gram seledri segar di cuci bersih, lalu potong-potong, rebus dengan tiga gelas air bersih hingga tersisa satu gelas. Setelah dingin, saring, tambahkan madu. gunakan ramuan ini untuk dua kali minum, pagi dan sore.

Mengatarasi Sakit Perut
Sediakan 60 gram seledri segar, satu ruas jari tangan jahe merah, dan sepotong gula aren. Rebus dalam dua gelas air bersih hingga tersisa satu gelas. Setelah dingin di saring, minum sekaligus.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
100 gram seledri besertatangkainya di cuci bersih, lalu tumbuk hingga halus. Tambahkan satu cangkir air hangat, lalu disaring. Setelah dingin, diminum untuk dua kali , pagi dan siang.

Mengobati Bronkitis
60 gram seledri segar dicuci hingga bersih, 10 gram kulit jeruk mandarin kering, dan 25 gram gula aren. Seledri dipotong-potong, direbus dengan tiga gelas air bersih hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin disaring dan airnya dibagi untuk dua kali minum, pagi dan sore.

*dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: