Yang Penting Jualan, Data Base Gak Penting

Data Base Konsumen??? Buat apa, bikin capek saja, kan yang penting jualan!!

Kalimat itu sering saya dengar dari Marketing, baik Sales area maupun counter sales, di roda dua atau roda empat, kalimat itu muncul.

Sampai detik ini, data base konsumen bagaikan beban yang sangat menggangu Marketing, karena mereka mesti menulis nama, alamat, no telepon dll ke dalam data base.

Anggapannya adalah, waktu mereka habis terbuang untuk melakukan pekerjaan tersebut, kalo bbm an berjam-jam atau nongkrong diwarung kopi malah tidak mengganggu ??

Bahkan sudah disediakan alat seperti data base online yang bisa di isi melalui android, bbm (full servis tentunya), tab, atau bahkan PC yang terkoneksi internet, masih saja di anggap beban yagn suangat berat.

Kalaupun data itu dibuat, 70% datanya tidak valid, antara lain :

  1. seperti penulisan nama panggilan saja (padahal sudah bertemu lebih dari 3x)
  2. alamat yang tidak jelas (hanya di tulis kota saja)
  3. no telepon yang tidak lengkap (slah satu no dihilangkan)
  4. keterangan hasil kunjungan yang copy paste (monoton) atau bahkan tanpa keterangan hasil kunjungan.

Yang lebih parah lagi, biar danggap membuat, kadang antar data di kawin silang, jadi nama dan alamat di pindah antara data yang satu dengan yang lain, agar kelihatan bikin!

Padahal data konsumen sangat penting dan itu merupakan harta yang tidak ternilai harganya. Bahkan ada perusahaan yang bernai membayar mahal untuk membeli data base konsumen.

Data base dapat di gunakan antara lain :

  1. Dengan adanya data base, histori konsumen dapat di baca, dan dapat di follow up.
  2. Digunakan untuk mengundang jika aktifitas promosi
  3. Digunakan untuk solusi jika ada rebutan konsumen
  4. Digunakan untuk memberikan ucapan, ultah, hari raya dll.

Tidak mudah memang merubah pola pikir dari keharusan menjadi kebiasaan. Data base itu penting, sangat penting.

Bisa jualan, tapi kalo gak punya data njuk piye mau follow up?

Belajar dari Joe Girard, seorang salesman yang benar-benar mengelola data dengan sebaik-baiknya.

Yang jelas, data base konsumen kie Penting DAB.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: