Manfaat Daun Kelor

Manfaat daun kelorPeribahasa mengatakan “Dunia tak selebar daun kelor”, menunjukkan bahwa daun kelor yang memiliki ukuran kecil tetapi memiliki sejuta manfaat dan khasiat yang berguna bagi kesehatan tubuh.

Manfaat daun kelor untuk pengobatan memang sudah banyak yang mengetahuinya. Dari mulai akar, daun, kulit batang, biji, dan buah semuanya berguna bagi kesehatan. Riset mengemukakan bahwa kulit batang dari kelor sangat mujarab sebagai penawar racun dari bisa ular dan bisa kalajengking. Dengan mengoleskan kulit batang ekor juga dapat mengobati pembengkakan, karang gigi, dan sariawan pada mulut.

Untuk daunnya, kelor mengandung zat alkaloida yang dapat membantu mencerna makanan. Untuk itu banyak yang menjadikan buah kelor menjadi masakan lezat dan enak seperti sayur asam. Bagian lain yang bermanfaat adalah bagian bunga yang dipercaya dapat mengatasi flu, dan radang tenggorokan. Bijinya pun bisa digunakan untuk menjernihkan air dan sebagai kosmetik kecantikan.

Sebuah studi pada hewan laboratorium yang diterbitkan dalam edisi Februari 2009 dari “Journal of Medicinal Food” menemukan bahwa daun kelor mencegah kerusakan jantung dan memberikan manfaat antioksidan. Dalam studi tersebut, pemberian dosis 200 miligram per kilogram berat badan setiap hari selama 30 hari, menghasilkan tingkat lebih rendah dari lipid teroksidasi dan jaringan jantung dilindungi dari kerusakan struktural. Para peneliti menyimpulkan bahwa daun kelor dapat menawarkan manfaat yang signifikan untuk kesehatan jantung. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah bermanfaat mencakup manusia.

Manfaat anti kanker pada ekstrak daun kelor ini, telah ditunjukkan dalam studi kultur jaringan sel kanker serviks manusia yang diterbitkan dalam edisi Juni 2011 jurnal “Food and Chemical Toxicology.” Ekstrak kelor mendukung kematian sel dini, mencegah pertumbuhan dan reproduksi sel-sel kanker. Peneliti terkemuka menyimpulkan bahwa daun kelor menunjukkan potensi sebagai pencegahan alami.

Sifat anti diabetes dari daun kelor berasal dari tingginya seng yaitu mineral yang diperlukan untuk produksi insulin, menurut University of Wiconsin LaCrosse. Para peneliti menyimpulkan bahwa penyembuh menunjukkan kerja yang akurat tentang penyebab diabetes dan pendekatan dasar yang dibutuhkan untuk mengobati penyakit. Dalam studi hewan laboratorium yang diterbitkan dalam edisi Juni 2012 dari “Journal of Diabetes,” setiap 150 miligram per kilogram berat badan dari selama 21 hari, dapat diberikan manfaat anti diabetes yang signifikan.

Itulah beberapa manfaat daun kelor dan beberapa bagian lain dari kelor. Mungkin banyak yang belum mengetahui bentuk utuh dari pohon kelor karena memang sudah jarang ditanam. Tapi jika Anda memang ingin menanamnya maka pergilah ke desa atau ke tempat penjualan tanaman obat, maka Anda akan menemukannya dengan mudah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: